Kamis, 27 Juni 2013

Perkembangan Internet dan Pembangunan Sebuah Website (Materi presentasi ke-2)

Konsep Perkembangan Internet

Internet berasal dari kata Interconnection Networking dan mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya

Internet mengacu pada istilah jaringan bukan aplikasi. Setiap aplikasi berjalan di atas protocol tertentu. Istilah “protokol” di internet mengacu pada satu set aturan yang megatur bagaimana sebuah aplikasi berkomunikasi dalam suatu jaringan.

SEJARAH AWAL PERKEMBANGAN INTERNET

Pada awalnya Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) dimana kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan.

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital

Kalau dulu perkembangan Internet hanya digunakan untuk kebutuhan dunia militer saja. Namun saat ini perkembangan internet sudah dapat kita rasakan di dalam semua bidang. Mulai dari ekonomi,bisnis,kesehatan,pendidikan,politik dll. Selain itu internet  juga sudah merambah berbagai kalangan,mulai dari tua,muda,anak anak,orang yang berada di perkotaan, pedesaan dll ini membuktikan kalau internet sudah berkembang dengan pesat.

Layanan Dalam Internet

1. E-Mail : Electronic Mail
Layanan e-mail termasuk yang pertama ada di internet. Dengan e-mail dalam waktu relatif cepat dan biaya yang murah.

2. www : World Wide Web
World Wide Web atau sering disebut web saja merupakan aplikasi yang paling populer di internet. Dengan layanan ini, kita bisa menjelajah untuk mencari informasi dan data dengan mudah

3. Ftp : File Transfer Protocol
Sesuai dengan namanya, layanan ini berfungsi mentransfer atau memindahkan suatu file. ftp memindahkan file pada satu komputer ke komputer lainnya yang terkoneksi jaringan atau internet.

4Telnet
Telnet merupakan aplikasi remote login, yaitu untuk mengakses suatu server dari komputer lain selama kita mengetahui alamat server tujuan.

5. Chat / Chatting
Fasilitas di internet yang memungkinkan sejumlah pengguna yang bergabung, bisa saling berkomunikasi secara langsung.

6. Milis
Milis (mailing list) merupakan kumpulan dari e-mail yang membentuk suatu komunitas, sehingga suatu e-mail dapat langsung di distribusikan ke semua alamat yang tergabung dalam milis.

7. Download
Download, yaitu menyalin file dari suatu situs web, atau lebih tepatnya menyalin file dari suatu server di internet ke komputer kita. Kamu bisa download lewat web ataupun lewat ftp.

Bagaimana Server Web melayani request dari browser ? Ketika ada request dari browser, maka Server Web melakukan 3 langkah berikut :
- Membaca request dari browser.
- Mencari page di server sesuai permintaan browser.
- Kirim balik page yang dimaksudkan melalui internet atau intranet ke browser tersebut.

Proses ini dijelaskan dalam gambar berikut :
Apa itu HTML?
HTML(Hyper Text Markup Language) adalah sekumpulan simbol-simbol atau tag-tag yang dituliskan dalam sebuah file yang dimaksudkan untuk menampilkan halaman pada web browser. Tag-tag tadi memberitahu browser bagaimana menampilkan halaman web dengan lengkap kepada pengguna.

Tag-tag HTML selalu diawali dengan <x> dan diakhiri dengan </x> dimana x tag HTML seperti b, i, u dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar